KONSEP GAYA
A.
KD
3.2.
Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan
hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2.
Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
B.
Indikator
3.2.6.
Menganalisis
pengaruh gaya terhadap gerak benda
3.2.7.
Mendeskripsikan
konsep gaya
4.2.2.
Melakukan
percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
C.
Tujuan
3.2.7.1.
Melalui
kegiatan percobaan yang dipandu dengan LKPD 8.4.2.2, peserta didik dapat
menganalisis pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan tepat
3.2.8.1.
Melalui
kegiatan diskusi kelompok yang dipandu dengan LKPD 8.4.2.2, peserta didik dapat
mendeskripsikan konsep gaya dengan tepat
3.2.8.2.
Melalui
kegiatan percobaan yang dipandu dengan LKPD 8.4.2.2, peserta didik dapat
melakukan identifikasi pengaruh gaya terhadap gerak dengan benar
D.
Alat dan Bahan
1.
Meja
2.
Buku
3.
Pensil
A.
Rancangan Percobaan
Gambar 1.4 |
Gambar 1.5 |
B.
Langkah Kerja Percobaan
1. Tariklah
sebuah buku di atas mejamu, seperti Gambar 1.4. Apakah yang terjadi?
2. Doronglah
sebuah pensil di atas mejamu, seperti Gambar 1.5. Apakah yang terjadi?
3. Ulangi
langkah 2 dengan memiringkan meja dengan bantuan balok kayu yang disimpan di
kaki meja.Apakah yang terjadi?
C.
Hasil Percobaan
Tabel 1.5 Hasil
Percobaan Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
No. |
Benda |
Perlakuan |
Yang terjadi |
1 |
Buku |
Ditarik |
|
2 |
Pensil |
Didorong |
|
3 |
Pensil |
Didorong
pada kemiringan |
|
D.
Diskusi
1. Apa yang terjadi pada
masing-masing benda setelah kamu melakukan kegiatan? Jelaskan.
|
2. Apakah yang akan terjadi
apabila tarikan dan dorongan itu dilakukan bersama-sama pada arah yang sama
atau pada arah yang berlawanan?
|
E.
Kesimpulan
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan,
apa yang dapat kamu simpulkan?
|
0 Comments